Kamis, 09 April 2009

pemiLu pemuLa

Merdeka !!
Hoho...
Bingung untuk membuka tulisan mengenai pesta demokrasi kali ini.
Sebelum cerita panjang lebar, mungkin fotofoto dibawah ini bisa sedikit menjadi prolog tentang pengalamanku sebagai pemula di pemilu 2009 ini.



Berangkat dari rumah tercinta jam 10.00 wib bareng bapak & ibu. Ini lagi ngantri nunggu giliran dipanggil masuk ke bilik suara.



Akhirnya kami bisa masuk bersama, berdampingan, menentukan pilihan pemimpin menuju indonesia yang lebih baik ^^ (ibu sempet-sempetnya melempar senyum *sadar kamera* )



Ini sebelum pencontrengan dilakukan. Menunjukkan salah satu kertas suara berwarna hijau ( ngga tahu untuk pusat, provinsi , kabupaten atau DPD ! hehe )




Bapak yang duluan selesai, memasukkan salah satu kertas suaranya.



Disusul kemudian ibu, lagi-lagi sadar kamera..hoho..


Like mother Like daughter! Haha... *btw, gw kaya pake sarung ya?? T.T *



Yaaa,,,ini buktinya saya telah menjadi warga negara yang baik dengan menggunakan hak pilih sebagaimana mestinya..



suasana perhitungan suara di TPS VIII

Sebenarnya, aku sama sekali ngga tahu mau nyontreng apa. Jujur, aku ngga begitu tertarik dengan dunia politik. Bodo amat sama caleg caleg yang kampanye dan mengorasikan visi misi mereka. Apalagi fotofoto mereka ada dimana mana, memenuhi sepanjang ruas jalan gejayan dan selokan mataram (yang hampir setiap hari kulewati), bahkan sepanjang jalan antara jogja dan kampung halaman, mata kita ngga akan pernah lepas dari fotofoto mereka, serasa coverboy or covergirL.

Karena hal itulah, sebelum pergi menuju TPS VIII Kutabanjarnegara RT.05/II Banjarnegara dimana namaku tercantum di DPT ( Data Pemilih Tetap ) dengan no urut 222, tanpa rasa bersalah aku bertanya ‘ntar mau milih apa nih?’ , maka, dengan rasa prihatin karena anak gadisnya ini sama sekali belum bisa menentukan pilihan, bapak dan ibu memberi sedikit pengarahan tentang siapa yang akan dicontreng.
‘nanti yang pusat milih ini, yang provinsi itu aja, yang kabupaten lha yang ini nih, kalo yang DPD yang namanya itu.’ Ujar bapak dan ibu kompak.
Oh, Tuhaaannn...warga negara apaan aku ini.
‘udah jelas kan? Ayo berangkat. ‘ Perintah bapak.
Maka, berangkatlah kami ke TPS satu keluarga bersama kedua adikku yang belum punya hak pilih.

Saat nama kami (bapak, ibu, aku-red) dipanggil, masuklah kami semua ke bilik suara masing-masing.
Oke, petualangan dimulai.
Lupa, kertas suara apa dulu yang aku buka. Dengan PDnya aku langsung mencontreng.
Kertas suara pertama selesai.
Kertas suara kedua juga selesai.
Kertas suara ketiga.....Lhoo..Lhoo...aku mendadak lupa siapa yang mau dipilih. Perasaanku nggak enak. Kayanya aku salah contreng.
‘ini kertas suara untuk dapil mana ya?? provinsi atau kabupaten??atau malah pusat?’ batinku saat itu.
Aaahhh...daripada kelamaan di dalam bilik suara, aku asal nyontreng aja. Masa mau nanya ke petugas ‘pak, yang warna ini buat provinsi atau kabupaten ya?’ ya nggak mungkin dund ! malu kalee..haha..

Yaahh,,dengan bodohnya, akhirnya aku asal contreng dan buru-buru keluar bilik karena ternyata aku yang paling lama ada di dalam bilik daripada bapak dan ibu.ck.ck.ck...
Setelah jari kelingking ini dicelupkan ke tinta, kami ngobrol ngobrol sebentar dan sedikit bersenda gurau dengan tetangga-tetangga dan para petugas KPPS yang ada di situ.

Ais, adikku yang paling kecil sempet bilang ‘mba eya kok keliatannya kaya orang bingung si tadi?’ aku Cuma nyengir-nyengir aja.
Iseng, aku tanya ke bapak siapa nama Caleg yang dia pilih untuk wilayah provinsi, beliau menyebutkan satu nama dan deg! Seketika itu juga aku benar-benar yakin kalau aku salah contreng!
Tapi, dengan raut muka yang aku buat biasa aja, aku Cuma manggut manggut dan berkata ‘oo..iya.iya..’ hehe..

Ah..bodo amat. Aku emang nggak kenal siapa mereka dan parahnya baru tahu semalam sebelum nyontreng kalo pemilu kali ini kita dikasih 4 kertas suara yang dibedakan oleh sebuah warna. Gebleknya, aku ngga tahu pembagian wilayah berdasarkan warna – warna itu.
Huuppf..sedikit ngga puas karena selama ini terlalu cuek dengan pemilu.
Semoga bertemu lagi di pemilu 5 tahun mendatang dan benar-benar tahu tata caranya + tahu siapa yang dipilih tanpa harus tanya bapak ibu! ^.-

Ps : Special thanks to my sista, Intan as photografer! :D

5 komentar:

  1. walah walaaah. .

    ih,, nyontreng aja pake foto2 segala .. ckckck..

    narsis tenan. .

    partainya apa ey?? ^^

    BalasHapus
  2. hhaha..kan biar kaya pejabat yg di tipi tipi itu..semua adegan di abadikan :p
    5 tahun sekaLi gitu Looh..

    partainya apa ajja ngga tau, sumpah! parah! ahaha :D

    BalasHapus
  3. hmmmfffsss..........ckk..ckk..ckk...

    i don't care anymore...(opo maksud te..)

    wkwkwkwkwkw.............

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...